Tuesday, January 12, 2010

Program Aplikasi Pengolah Grafik

Pada tutorial sebelumnya, sudah dibahas macam-macam tipe grafik, yaitu grafik yang berbasis bitmap dan grafik yang berbasis vektor. Kalau lupa atau belum paham bisa dibaca ulang di sini! Tutorial pada blog ini, saya akan mencatat program-program apa saja yang biasa digunakan untuk pengolah kedua macam tipe grafik di atas.

Ada banyak sekali program (software) yang beredar di pasaran. Di antaranya adalah: Adobe Pagemaker, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, Macromedia Freehand, dan CorelDraw. Sebagai pelaku disain grafis, tentu saja program ini relatif saya lebih mengenal dibandingkan dengan program grafis lainnya. Dan mayoritas para disainer grafis menggunakan program ini.

Kecuali Adobe Pagemaker, yang kabarnya sudah tidak dikeluarkan edisi baru, program grafis yang lainnya senantiasa muncul dengan edisi teranyar. Misalnya, Photoshop versi terbarunya yang berlabel Photoshop CS, Photoshop CS2, Photoshop CS3 dan CS4. Begitu juga Adobe Illustrator dengan label terbarunya Adobe Illustrator CS2 dan Adobe Illustrator CS3.

Program aplikasi tersebut di atas dikelompokkan ke dalam dua golongan besar, yaitu program aplikasi yang berbasis bitmap dan program aplikasi yang berbasis vektor. Yang termasuk program aplikasi berbasis bitmap adalah: Adobe Photoshop, yang memang paling populer di kalangan para disainer grafis karena fasilitas yang dimiliki cukup lengkap dan praktis digunakan. Selainnya termasuk program aplikasi berbasis vektor.

Selain dikelompokkan berdasarkan tipe citra bitmap dan vektor, program-program aplikasi tersebut dapat juga dikelompokkan berdasarkan cara pengolahan citra, yaitu dikelompokkan menjadi program aplikasi dua Dimensi (2D) dan program aplikasi tiga dimensi (3D).
Semoga bermanfaat!

0 comments :

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails